Pages

Sabtu, 23 Juli 2016

Sudut Kalisat Dokumenter

Sabtu, 23 Juli 2016
Pada 23 Juli 2016, sebuah group Facebook terbentuk, namanya Sudut Kalisat Dokumenter. Ia sebuah gagasan lama dengan ide-ide yang baru. Dicita-citakan untuk 'menemani' group yang lebih dahulu ada, namanya Kari Kecingkul. Untuk blog Kari Kecingkul, bisa Anda kunjungi di sini.

Semoga kehadiran grup ini bisa memberi manfaat, serta semakin memperkaya sudut pandang kita tentang Kalisat --dan sekitarnya.

"Jika kari kecingkul lebih banyak membahas hal-hal lampau, sudut kalisat dokumenter akan lebih diutamakan untuk hal-hal terkini, dan juga untuk berdiskusi. Dengan demikian keduanya bisa saling menguatkan."
RZ Hakim

Adapun pembuka pada Group Facebook Sudut Kalisat Dokumenter bisa Anda baca di bawah ini;

SKa Dokumenter hanyalah nama lain dari Sudut Kalisat Dokumenter. Ia mengusung gagasan untuk mendokumentasikan segala hal di Kalisat --dan sekitarnya-- dari berbagai sisi. Produk yang dilahirkan tak hanya video, melainkan juga foto, catatan, dll. Kami menginginkan semua hasil karya SKa Dokumenter akan memberi daya rekreasi, informasi, dan edukasi, kepada anggota grup dan masyarakat pembaca.

Komunitas ini tentu lebih senang disebut sebagai komunitas atau 'Kelompok Belajar' saja. Sebab di SKa Dokumenter semuanya setara, tak ada ceritanya satu orang lebih unggul dari yang lain. Semua saling berbagi dan saling melengkapi.

Komunitas yang lahir di tengah-tengah pelukan warga Kalisat ini sama sekali tak diniatkan untuk menjadi populer.

SKa Dokumenter memang hanya komunitas kelas kampung atau desa, namun kehadirannya bukan untuk mengusung gagasan kedaerahan, fasis, dan rasis.

Tentang dana. Bisa dibilang, SKa Dokumenter adalah sebuah komunitas warga yang menggantungkan pendanaannya pada iuran mandiri dan donatur antar teman yang tidak mengikat. Itu berlaku hanya jika SKa sedang menggelar acara. Misal, ketika kami menggelar acara Pameran Foto Kalisat Tempo Dulu.

Semangat mandiri tersebut dilakukan hanya agar SKa bisa tetap berdiri di suatu keadaan atau posisi dimana ia tidak terikat dengan pihak manapun yang melemahkan.

Semangat kolektif dan mandiri itu terbukti membuat SKa Dokumenter tak kehilangan independensi.

Sekretariat SKa Dokumenter ada di JL. KH Dewantara 16, desa Kalisat kecamatan Kalisat, Jember.


Kalisat, 23 Juli 2016


Group Sudut Kalisat Dokumenter bisa Anda jumpai di SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014